Sabtu, 09 Februari 2008

5 Pertanyaan Mengenai WLAN

Hati-hati bila Anda ingin membeli WLAN-router! Anda harus teliti. Spesifikasi kecepatan yang tercantum belum tentu benar. Untuk membantu Anda, berikut 5 fakta yang harus diperhatikan.Produk WLAN kecepatan tinggi akhirnya tersedia di pasaran! Turbo-router terbaru memang mengedepankan feature kecepatan transfer yang luar biasa. Namun, kecepatan router yang tinggi bukanlah segalanya. Oleh karena itu, pikirkan dulu sebelum membeli. Dalam artikel ini, CHIP mengungkap poin-poin penting yang harus diperhatikan.
  1. jawab: Produsen kini menjanjikan peningkatan kecepatan yang besar 54, 108, atau bahkan 300 Mbps (Megabit per detik). Padahal, kecepatan tidak hanya bergantung pada router, melainkan pada beberapa kriteria lain. Pertama tentu saja standar WLAN yang digunakan. Saat ini, ada 4 standar, yaitu 802.11a dengan kecepatan hingga 54 Mbps, 802.11b dengan 11 Mbps, 802.11g dengan kecepatan 54 Mbps. Sedangkan perangkat dengan standar 802.11n yang baru dipasarkan menjanjikan kecepatan hingga 300 Mbps. Namun seperti biasanya, semua itu hanya teori. Dalam praktiknya, WLAN-router standar “g” hanya mampu berkeja di kisaran 15-20 Mbps. Dengan tool freeware, seperti “Speedtest” dari Racoonworks (www.racoonworks.com), kecepatan WLAN Anda dapat diukur. Kecepatan juga tergantung dari faktor lain, yaitu lokasi router. Penempatan sudut antena pun harus tepat (baca boks kanan). Cara terbaik adalah dengan mencoba berbagai posisi dan mengukurnya dengan Speedtest. Dengan cara itu, Anda akan memperoleh tempat dan posisi optimal untuk WLAN-router.
  2. jawab:Anda duduk di sebuah Internet CafĂ© dan ingin mencetak dokumen de­ngan printer di kantor. Dengan hardware yang tepat, keinginan Anda tidak menjadi masalah. Beberapa router seperti Asus WL-500G juga dapat dihubungkan ke printer. Anda yang menginginkan solusi tambahan dapat membeli perangkat printer server untuk WLAN router seperti Netgear PS121 (US$ 60).
  3. jawab:Standar apapun yang dipakai, tiap produsen memiliki jalan sendiri-sendiri untuk meningkatkan kecepatan bandwidth. Aplikasi saat ini memang membutuhkan bandwidth tinggi. Streaming film melalui WLAN misalnya, membutuhkan minimal 108 Mbps, standar “g” tidak lagi memadai. Jika Anda membeli perangkat baru yang menjanjikan kecepatan lebih tinggi melalui solusi baru, perhatikan agar router dan client (PC atau notebook) berasal dari produsen yang sama. Jika tidak, kecepatan anjlok kembali ke 54 Mbps. Perhatikan pula apakah router dan client menguasai enkripsi data yang sama.
  4. jawab:Gelombang radio tidak berhenti di depan pintu rumah. Semakin banyak pengguna flatrate yang sengaja membuka WLAN mereka bagi orang lain. Mereka bahkan membentuk sebuah komunitas baru di Internet. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai gagasan dan realisasinya, ketik www.wsfii.org. Tips: Jika Anda ingin mengirim data sensitif melalui WLAN dan memblokir penyusup, Anda perlu memproteksi WLAN Anda. Baca boks khusus pada halaman sebelumnya.
  5. jawab:WLAN menggunakan lingkup frekuensi yang sama seperti microwave. Kedengarannya riskan, namun sejumlah peneliti untuk proteksi radiasi menyatakan hal ini tidak berbahaya. Menurut laporan ilmiah, saat ini belum ada bukti risiko kesehatan akibat medan elektromag­netik frekuensi tinggi (CHIP 05//06). Jika Anda msih belum yakin akan bahaya radiasi, saat ini tersedia router yang memiliki feature untuk menurunkan sedikit intensitas sinyal yang dipancarkan.

Tidak ada komentar: